Pengalaman penulis yang baru saja kedatangan tamu tidak diundang, yang berhasil menyusup melalui media Flashdisk klien.  Tamu tidak diundang tersebut bernama umunya di kenal oleh umum, adalah shortcut atau W32. Tingkah laku Virus Shortcut ini oleh sebagian orang memang itu tidak di perdulikan, mungkin dikarenakan dianggap tidak terlalu mengganggu atau membahayakan. Namun lain hal, andaikata mereka tahu apa itu shortcut dan apa saja kerugian yang di timbulkan. Maka mugkin sebagian dari kita nggak bakalan memberikan kesempatan bagi tamu ini untuk mengembangkan diri di perangkat penyimpanan kita.

Kerugian bagi korban yg Windows sudah tersusupi oleh virus shortcut ini adalah
  1. Komputer melambat, karena ada proses tersembunyi yang di akibatkan oleh si shortcut bersama worm yang dibawanya.
  2. Media penyimpanan yang sudah terinfeksi worm ini, akan selalu meminta untuk di format.
  3. Jika worm yang di gandeng oleh si shortcut om trojan, maka siap-siap saja bagi korban untuk kedatangan tamu yang dapat melakukan remot jarak jauh pada perangkatnya.


Solusinya adalah :

  1. terlebih dahulu buka aplikaso notepad, kemudian copy / pastekan perintah di bawah ini ke notepad tersebut :
    attrib -s -a -r -h /s /d




  2. Simpan di Flashdisk atau media penyimpanan lainya, dengan ekstensi filenya .bat. Umpama sebagai berikut :
    • Save in Pilih Media Flashdisk atau lainya yang di infeksi oleh si virus,
    • File name, ketik nama_file.bat contoh : " bo.bat "
    • Save as type, pilih All Type
    • Save, klik tombol save untuk menyimpan
    Contoh pada gambar berikut :

  3. Ini hasilnya nanti

  4.  Lalu klik file bongkar.bat yang kita buat tadi 2x, nanti akan muncul tampilan proses attrib. Dimana semua file yang tersembunyi di media penyimpanan kita akan muncul semuanya, dan kalian bisa melihat disana ada yang namanya autorun yang berekstensi .inf. Coba perhatikan antara gambar diatas dengan gambar berikut di bawah ini :

  5. Supaya kamu tidak penasaran, dan untuk menambah sedikit pengetahuan. Coba buka file autorun tersebut dengan notepad. Lalu kamu buka folder Recycle, kamu akan melihat apa file fileeksekusi yang di perintahkan oleh si autorun tersebut. Cara seperti gambar di bawah ini.
  6. Nah sekarang kamu sudah tahu dan delete permanent semua file shortcut dan folder Recycle dengan cara menahan tombol Shift pada keyboard lalu tekan tombol delete satu kali dan pilih yes ( Shift + Delete ). File autorun dan file .bat yang kita buat tadi jangan ikut serta di hapus atau biarkan saja. seperti gambar berikut :


    Sampai disini, Flashdisk atau media penyimpanan sudah aman atau bersih. Namun itu bukan berarti penyimpanan kalian tersebut tidak akan terinfeksi ulang lagi. Nah untuk antisipasinya, mari kita masuk kelangkah berikutnya. Yaitu cara mencehag agar si shortcut tidak lagi bertamu atau menyusup ke media penyimpanan kalian.




    Langkah-langkah pencegahan agar Media penyimpanan terhindar dari shortcut kembali
    1. Buka file autorun atau autorun.inf tadi dengan notepad, dan cari tulisan [autorun] dan hapus perintah eksekusinya. Lalu klik save, seperti gambar di bawah ini :
    2. Lalu rubah attribut dari file autorun tersebut menjadi Read Only, ikuti langkah pada gambar di bawah ini.





      Selesai sudah tutorial cara menghapus file shortcut dengan tangan kosong beserta pencegahannya pada media penyimpanan kita.

      Semoga bermanfaat :D
 
Top