Kali ini saya akan berbagi cara membuat USB Stick Linux ( Linux Live USB ), mungkin tutor ini sudah banyak yang tahu. Namun Tutor ini saya dedikasikan bagi mereka yang belum pernah mencobanya atau yang belum bisa cara membuat nya.

Mari kita lanjutkan tutorialnya, dan ikuti beberapa pentunjuk langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Siapkan Flashdisk kosong dengan ukuran 4 GB minimal, rekomendasi saya adalah 8 GB.
  2. Disini saya menggunakan Varian linux Ubuntu, namun bagi yang mau menggunakan Varian lain juga tidak apa-apa ( sesuai selera dan keinginan masing-masing ). Bagi yang belum memliki iso linux, silahkan di download dulu OS linux pada link berikut ini :
     
  3. Download Tools aplikasi untuk menconvert File .ISO atau IMG disini
Setelah kedua file tersebut di atas ada, baru kita lakukan proses atau langkah-langkah pembuatan USB Stick Linux ( Linux Live USB ) :
  1. Letakkan kedua file .iso linux dan Tools Aplikasi USB Universall Installer di desktop atau di layar utama kita.
  2. Klik 2 kali faplikasi USB Universal Installer dan pilih RUN, seperti pada gambar dibawah ini

  3. Pada langkah berikutnya Pilih I Agree
  4. Pada Step 1, pilih nama atau file iso yang akan kita Convert ke USB/Flashdisk. Disini karena saya tadi mendownload iso Ubuntu, maka saya memilih UBUNTU
  5. Lalu arahkan browse ke file Iso Ubuntu yang tadi kita tempatkan di desktop Komputer dan Klik Open
  6. Pada step ke 3, arahkan pilihan kita kepada USB Stick / Flashdisk yang akan kita jadikan sebagai media removable Booting atau yang akankita jadikan sebagai USB Stick Ubuntu. Lalu klik tombol Create untuk melanjutkan proses berikutnya:
  7. Lalu akan muncul peringatan kalau media Flashdisk tersebut akan dijadikan MBR, dan semua data akan di hapus atau terformat. kita pilih YES
  8. Tunggu semua proses berjalan sampai Finish, lalu close dan USB Stick Linux ( Linux Live USB ) siap untuk di gunakan. Baik untuk menginstall ataupun untuk live saja.
  9. Selamat mencoba dan jangan lupa ilmunya di bagi kepada yang membutuhkan.



 
Top